Apa Itu Backlink DoFollow dan Fungsinya?
website

Apa Itu Backlink DoFollow dan Fungsinya?

Baik jenis backlink dofollow dan nofollow, keduanya memiliki peranan yang penting dalam optimasi SEO. Misalnya backlink dofollow yang bisa mendatangkan juicy link. Untuk tahu fungsi lainnya, Anda perlu tahu dulu apa itu backlink DoFollow.

Pengertian Backlink Dofollow

Backlink dofollow merupakan backlink yang mengizinkan mesin pencari untuk melakukan crawling dan indexing. Backlink jenis ini berpengaruh pada kualitas website. Maka dari itu, penempatan backlink dofollow perlu diletakkan di website dengan kualitas tinggi.

Jika Anda sudah tahu tentang apa itu backlink dofollow, maka Anda perlu tahu backlink nofollow. Keduanya sama-sama berpengaruh pada optimasi website. Bedanya, backlink nofollow tidak mengizinkan mesin pencari untuk melakukan crawling dan indexing.

Backlink nofollow biasanya digunakan untuk menghindari spam. Alhasil, jenis backlink nofollow bisa diletakkan di situs berkualitas ataupun yang kurang berkualitas.

Kenapa? Karena backlink nofollow tidak akan berpengaruh pada kualitas website Anda.

Plus Minus Link Dofollow

Backlink dofollow memiliki keunggulan dan kekurangan yang perlu untuk diperhatikan, yaitu:

  • Kekurangan:
  1. Bisa menimbulkan backlink spam yang bisa mempengaruhi kualitas backlink dan website Anda sendiri.
  2. Bisa membuat Google menjatuhkan sanksi atau penalti jika menemukan adanya kecurangan.
  • Kelebihan:
  1. Membantu meningkatkan kualitas dan otoritas backlink.
  2. Membantu meningkatkan pengunjung.

Manfaat Backlink Dofollow

Apa Itu Backlink DoFollow dan Fungsinya?
Apa Itu Backlink DoFollow dan Fungsinya?

Backlink dofollow memiliki fungsi sebagai berikut ini:

  1. Meningkatkan otoritas dan kualitas website.
  2. Meningkatkan peluang website tampil di halaman pencarian pertama.
  3. Meningkatkan trafik pengunjung.
  4. Membantu meningkatkan popularitas website.

(baca juga: cara membuat webiste gratis)

Harus di Website Berkualitas

Dalam membuat backlink dofollow, masih banyak orang yang sembarangan menempatkan backlink. Padahal sumber backlink berpengaruh terhadap kualitas backlink dan website Anda.

Ketika website yang digunakan kurang berkualitas, maka hasil website juga tidak berkualitas.

Maka dari itu, Anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah sumber website berkualitas atau tidak. Caranya dengan menggunakan tools seperti Ahref, Moz, SEMRush, Buzzsumo dan tools lainnya.

Setelah itu, Anda bisa membuat daftar, website mana yang berkualitas dan bisa digunakan untuk membuat backlink.

Lantas, apakah backlink nofollow dan dofollow harus seimbang? Tidak.

Rasio backlink dofollow dan nofollow tidak harus sama. Bahkan, jika terlalu seimbang, misalnya 1:1, akan membuat backlink terlihat tidak alami.

Google bisa mendeteksi apakah backlink tersebut alami atau tidak. Jika dari penelusuran tersebut Google mendeteksi kecurangan, maka bisa saja Google akan memberikan penalti.

Selain itu, mesin pencari akan melakukan crawling dan indexing yang menghasilkan data yang berubah-ubah. Jadi, Anda pun tidak bisa mengatur seberapa banyak backlink dofollow dan nofollow yang akan Anda dapatkan.

Anda hanya bisa berusaha untuk mendapatkan backlink berkualitas. Sisanya, tergantung dari mesin pencari yang akan mengindeks backlink Anda.

Itulah informasi singkat tentang apa itu backlink dofollow yang perlu Anda tahu. Ingat ya, dalam membuat backlink dofollow, Anda perlu memperbaiki konten dan memasangnya di website berkualitas.