Halaman Quora
Others

Platform Sosial Media Powerfull Yang Banyak Diabaikan

Dalam dunia sosial media marketing, banyak marketer yang memilih menggunakan platform yang sudah memiliki nama besar seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Beberapa alasan yang digunakan yakni karena memiliki jumlah pengguna yang banyak serta didukung oleh sejumlah fitur yang mumpuni. 

Ada sejumlah platform sosial media lain yang memang penggunanya tidak sebanyak platform di atas. Namun, meski penggunanya lebih sedikit bukan berarti platform ini tidak bagus untuk campaign anda. Jika menerapkan strategi marketing yang baik, justru bermain di platform kecil ini bisa memberikan peluang yang lebih besar. Sebab, tingkat persaingannya pun sedikit, karena para marketer dominan menggunakan platform sosial media yang besar tersebut. 

Conversion Blog mencoba mengulas sejumlah platform sosial media alternatif yang kurang mendapatkan perhatian dari para marketer, namun menyimpan peluang yang sangat besar. 

Quora

Platform sosial media satu ini memiliki konsep dasar yakni sebagai situs tanya jawab antar pengguna. Ketika seorang pengguna memposting sebuah pertanyaan dari permasalahan mereka, pengguna lain bisa memberikan jawaban. Jika jawaban tersebut dirasa berbobot, maka pengguna lain bisa memberikan upvote, dan jawaban yang paling berbobot akan berada di halaman teratas. 

Menjawab pertanyaan dari pengguna yang topiknya masih relevan dengan produk yang anda jual, bisa dijadikan strategi marketing yang sangat efektif. Dengan memberikan jawaban yang baik dan sesuai dengan permasalahan pengguna, bisa meningkatkan brand anda sebagai perusahaan yang ahli dalam produk dan pada akhirnya bisa meningkatkan konversi penjualan anda. Namun, pastikan anda memberikan jawaban yang benar-benar berbobot, bukan sekedar jawaban yang terlalu mempromosikan produk anda.

Apalagi sejak adanya pembaharuan pengguna bisa melakukan unggahan video, Quora semakin membuka peluang yang besar untuk bisa memperkenalkan produk anda ke pengguna potensial. Sudah umum diketahui jika konten video, lebih bisa menarik perhatian pengguna daripada hanya sekedar text saja. 

Tumblr

Awalnya Tumblr merupakan situs microblogging, namun kini telah tumbuh menjadi platform sosial media yang tak bisa dianggap remeh. Penggunanya sangat aktif, dan semakin lama dalam perkembangannya, mengubah Tumblr sebagai situs komunitas yang memiliki tingkat interaksi sangat tinggi.

Fitur post ulang yang mirip re-tweet pada Twitter, bisa dijadikan peluang dalam meningkatkan jangkauan konten. Konsepnya pun sama, ketika ada seseorang memposting ulang konten di halamannya, maka konten itu bisa dilihat oleh followersnya. 

Meski tidak sebanyak Facebook maupun Twitter, namun pengguna Tumblr memiliki tingkat engagement tinggi, terbukti dari jumlah pengguna aktifnya yang mencapai jutaan setiap bulannya. Ini artinya, setiap konten yang diunggah, memiliki kemungkinan dilihat oleh miliaran pengguna Tumblr dalam setiap tahunnya. Memberikan peluang untuk meningkatkan jangkauan dari produk yang anda pasarkan.

Agar bisa sukses dalam menjalankan campaign di Tumblr, mengetahui kultur kebiasaan para penggunanya adalah hal wajib. Lakukan riset mendalam dengan fitur hashtag dan trending topik di Tumblr. Selalu update dengan konten-konten “meme” yang sedang ramai diperbincangkan dan memahami seperti apa target audiens anda. 

Di Tumblr, konten yang memiliki tingkat interaksi dan mudah untuk trending adalah konten berupa gambar dan GIF. Jadi saat membuat konten video di Tumblr, sebisa mungkin menambahkan beberapa gambar dari banyak screenshot atau berbagai frame dan menggabungkannya dalam satu konten video.