Streaming Radio Online
Others

Petunjuk Membuat Radio Streaming Dengan Hosting Sendiri

Banyak yang mengira, untuk membuat radio streaming dengan hosting sendiri harus dilakukan oleh para profesional. Namun kenyataannya tidak, dan siapapun bisa membuat streaming radio sendiri. Anda tinggal mengikuti langkah step-by-step yang dibagikan oleh https://www.conversionmeetup.net berikut ini.

Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Untuk mulai membuat radio streaming dengan hosting sendiri dibutuhkan sejumlah software, seperti : 

  • Shoutcast Server – Bisa memilih versi untuk linux atau Windows
  • Aplikasi Winamp
  • Plugin Shoutcast DSP – Nantinya dijadikan plugin untuk Winamp

Langkah-Langkah Membuat Radio Streaming dengan Hosting Sendiri

  1. Lakukan pengunduhan software Shoutcast Server, kemudian install dan jalankan. Install software ini pada komputer yang ingin dijadikan sebagai host radio streaming. Jika anda menggunakan sistem operasi Linux, tinggal melakukan ekstraksi tanpa harus menjalankan root.
  2. Unduh, install dan jalankan software Winamp di komputer yang akan dijadikan hosting streaming radio.
  3. Setelah menjalankan software Winamp, pilih menu Options dan kemudian pilih Preferences. Selanjutnya di menu Plugin, pilih DSP/Effect lalu pilih plugin Nullsoft Shoutcast Source DSP. 
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan dari plugin Shoutcast DSP, yang kemudian akan memunculkan beberapa tab yakni, Main, Output, Encoder, dan Input.
  5. Pada tab Output masukkan data seperti berikut ini :
    • Kolom Address, pastikan mengisi dengan localhost jika server tadi anda install di tempat menginstall Winamp. 
    • Kolom Password, isi dengan kata kunci yang mudah anda ingat. 
  1. Setelahnya anda tinggal menjalankan musik ingin anda siarkan di Winamp. 
  2. Untuk memastikan langkah-langkah yang dilakukan sudah benar, anda bisa mendengarkan streaming pada komputer lain, menggunakan Winamp. Pilih menu Play dan isikan URL dengan alamat dari server streaming anda tadi. 

Anda juga bisa menambahkan suara anda untuk disiarkan, dengan menggunakan mikrofon yang disambungkan ke komputer host. Cara menambahkannya dengan membuka plugin Shoutcast DSP pada Winamp di komputer host, pada tab source pilih input. Ganti input device yang menunjukkan Winamp, ke Soundcard Input. Suara anda pun bisa disiarkan dengan menggunakan mikrofon tadi.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Streaming Radio

Sebelum memulai siaran, tentu anda harus memiliki konsep, seperti apa konten yang akan anda siarkan nanti. Faktor-faktornya yakni lama durasi, partner siaran, dan topik yang akan dibahas. Jika anda memilih ingin melakukan siaran dengan orang lain, tentu anda harus menyamakan topik yang akan dibahas. Karena siaran radio lebih mengandalkan perbincangan dari beberapa pihak, maka ketika topik sudah tidak nyambung, siaran pun tidak akan berjalan lancar.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini bisa dijadikan patokan sebagai pembangun konsep siaran radio anda :

  • Apakah nanti siaran hanya akan memutar musik saja?
  • Jenis musik genre apakah yang akan disiarkan?
  • Jika ada penyiar radio, berapa banyak jumlahnya? Dan seberapa sering mereka akan mengisi acara siaran radio anda?
  • Topik apa saja yang akan dibahas oleh radio anda?

Untuk memudahkan dalam melakukan pertimbangan dan perbandingan, anda bisa melihat stasiun radio lain. Pahami dan terapkan segala hal yang sesuai dengan siaran radio anda.