Mengubah Tampilan Excel Seperti Aplikasi
Others

Membuat Tampilan Excel Seperti Aplikasi

Sampai saat ini, mengubah file Excel menjadi sebuah aplikasi standalone berbentuk exe, belum bisa ditemukan caranya. Adapun, dengan menggunakan software pihak ketiga, yang memungkinkan untuk melakukan convert atau pengubahan dengan sejumlah proses, bukan secara langsung. Namun, meski demikian ada cara alternatif yakni dengan membuat tampilan Excel seperti aplikasi. Konsep utamanya adalah dengan menyembunyikan beberapa menu dan formula sehingga pengguna lain tidak bisa melakukan perubahan. 

Nantinya, file tersebut akan tetap berupa file berekstensi xlsx, namun tampilannya akan sangat jauh berbeda dengan tampilan sebuah file Excel. Proses utamanya bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni membuat tampilan terlihat seperti sebuah aplikasi atau menyembunyikan semua menu dan toolbar yang ada pada Excel. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama jalankan program Microsoft Excel atau sejenisnya.
  2. Pilih area pada sheet yang menyesuaikan dengan layar monitor perangkat. Caranya dengan membuat border pada sheet. Anda bisa memberikan nama sheet itu sesuai dengan yang anda inginkan.
  3. Untuk membuat fitur semacam toolbar pada aplikasi, gunakan menu shape atau picture pada Excel. 
  4. Selanjutnya buat sheet baru yang nantinya akan berfungsi sebagai halaman lain pada aplikasi. Tentukan desainnya sesuai selera anda.
  5. Kembali ke sheet pertama, untuk memberikan tampilan yang berbeda, anda bisa menambahkan gambar sebagai background. 
  6. Selanjutnya anda bisa membuang grid pada sheet, dengan cara menekan tombol ALT + W,V,G pada keyboard.
  7. Berikan batasan pada halaman, dengan cara menyembunyikan kolom-kolom yang tidak diperlukan. Caranya dengan mengklik pada bagian heading kolom, kemudian menekan tombol CTRL+Shift dan klik kanan pada mouse. Pilih opsi Hide.
  8. Begitu juga dengan baris yang tidak diperlukan bisa untuk dihilangkan, dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  9. Berikutnya ketika desain tersebut selesai, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyembunyikan sheet tabs dan formula bar. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows di sebelah kiri atas, kemudian pilih Excel Option, kemudian Advance dan hilangkan tanda ceklis pada sheet tabs dan formula bar.
  10. Langkah berikutnya menghilangkan heading, dengan cara klik menu View, dan hilangkan ceklis pada menu Headings.
  11. Selanjutnya simpan file tersebut dengan ekstensi Excel Macro-Enabled Workbook.
  12. Sebagai informasi tambahan, biasanya pada sebuah aplikasi, jika digeser ke bagian bawah, maka menu tidak ikut bergeser. Untuk bisa demikian, yang harus dilakukan adalah menggunakan fitur Freeze Panes. Untuk melakukannya dengan cara klik kolom yang berada antara batas menu dan batas samping kiri. Kemudian klik Freeze Panes.

Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, berikutnya yang harus dilakukan adalah menyembunyikan toolbar. Caranya yakni :

  1. Klik pada menu developer, kemudian pilih Visual Basic
  2. Pada tampilan Visual Basic, akan ada sejumlah kolom yang nantinya sebagai tempat menaruh kode untuk menyembunyikan toolbar pada Excel
  3. Ubah pilihan General menjadi Workbook, caranya dengan melakukan klik pada panah kecil yang ada di sebelahnya
  4. Ubah Declarations, menjadi Open
  5. Masukkan kode-kode berikut ini sesuai dengan fungsi yang diinginkan :
    • Private Sub Workbook_Open() : Adalah perintah untuk menjalankan program saat workbook tersebut dibuka
    • Application.ExecuteExcel4Macro”show.toolbar(“”Ribbon””,False)” : Merupakan kode untuk menyembunyikan menu Toolbar atau Ribbon pada Excel
    • Application.DisplayFormulaBar=False : Merupakan kode perintah untuk menyembunyikan Formula Bar
    • Worksheets(“Nama Sheet”).Select : Merupakan kode perintah sebagai navigasi menuju Nama Sheet yang ada pada file Excel sebelumnya

Selanjutnya, tinggal menyimpan VBA tersebut dan mencoba hasilnya. Untuk cara yang lebih mudah, tentu anda bisa memintah pihak ketiga untuk membuatkan Excel seperti aplikasi seperti jasa yang ditawarkan di link berikut ini.