Jejaring Sosial Facebook
Others

Langkah Mudah Membuat Akun Pribadi di Facebook

Facebook menjadi situs jejaring sosial nomor 1 dunia yang paling banyak diakses dan digunakan. Alasan orang-orang menggunakan Facebook bermacam-macam, mulai dari sekedar membangun pertemanan, mendapatkan informasi juga berjualan serta berbisnis. 

Meski demikian, banyak yang masih kesulitan dalam proses pembuatan akun pribadi di Facebook. Dalam artikel ini conversion blog akan menjelaskan langkah-langkah mudah dalam membuat akun pribadi di Facebook dan mengatur setelan untuk mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan jejaring sosial satu ini. 

Membangun dan menambah pertemanan menjadi alasan utama seseorang membuat akun Facebook pribadi. Tak hanya itu saja, beberapa orang bahkan berharap bisa mendapatkan jodoh dengan bertemu seseorang di Facebook. Tidak ada yang salah, namun pastinya sebelum mendaftarkan untuk akun pribadi, anda diharuskan memiliki email terlebih dahulu. 

Pembuatan Akun Email

Lakukan pendaftaran email terlebih dahulu dengan mengunjung Gmail atau Yahoo Mail di browser. Isi kolom nama depan dan belakang sesuai dengan data diri asli anda. Jangan menggunakan nama asal-asalan karena suatu saat bisa dianggap akun tidak nyata dan akhirnya akun anda akan diblokir. 

Pilih username yang mencerminkan diri anda. Misal nama anda Toni Sutanto, bisa menggunakan TSutanto atau toni.susanto serta bisa juga ditambahkan angka favorit anda. Untuk password gunakan yang mudah anda ingat namun tidak mudah ditebak orang lain. Selesai, proses pembuatan akun email anda berhasil dan berikutnya bisa dilanjutkan dengan mendaftar untuk akun pribadi Facebook.

Mendaftar Facebook

Proses pendaftaran akun pribadi Facebook hampir sama dengan proses pembuatan akun email sebelumnya, namun ada beberapa tambahan data yang dibutuhkan. Anda diharuskan mengisi data seperti Nama, Password, Email atau Nomor Handphone, dan juga mengisi Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin.

Email atau Nomor Handphone digunakan untuk proses verifikasi dan juga sebagai sarana bantuan jika anda mengalami masalah dalam akun anda kedepannya. Misal seperti akun anda dibajak atau lupa dengan password yang anda pakai. 

Setelah selesai mengisi data yang diminta, proses selanjutnya adalah proses verifikasi. Anda akan dikirimkan sebuah kode aktivasi melalui email ataupun nomor handphone yang anda isi saat proses pendaftaran. Proses ini mudah, anda tinggal klik tautan yang diberikan atau mengisi kode yang dikirimkan ke nomor handphone. 

Melengkapi Profil 

Kemudian setelah proses pendaftaran selesai, berikutnya adalah melakukan pembaruan pada profil akun Facebook anda. Ubah foto profil anda dengan foto anda yang paling bagus. Usahakan menggunakan foto yang menampilkan wajah anda secara jelas, agar orang lain mudah mengenali anda. 

Isi biodata mulai dari tempat tinggal anda, tempat sekolah atau kuliah, perusahaan atau tempat anda bekerja. Bukan tanpa tujuan, selain untuk memberi tahu ke publik siapa anda, kemampuan yang anda miliki serta background diri anda, mengisi biodata profil digunakan untuk memberikan rekomendasi teman yang mungkin anda kenal. Atau juga untuk memberikan rekomendasi orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan anda. 

Dalam membuat akun Facebook pribadi, anda juga harus mengatur privasi akun. Hal ini ditujukan agar anda mendapatkan rekomendasi informasi dan juga keamanan terhadap data-data yang anda gunakan. 

Di bagian ini, anda bisa menentukan siapa orang-orang yang bisa mengirimkan undangan pertemanan, yang bisa melihat status dan foto yang anda unggah serta juga mengatur bagaimana orang lain dalam menghubungi anda. Tentu anda tidak mau, akun Facebook anda dipenuhi kiriman sampah dan promosi dari orang yang tidak anda kenal bukan?