Design Property

Jurusan Desain Interior : Karir Bergengsi dan Masa Depan Cemerlang

Banyak yang mengatakan bahwa kunci untuk sukses adalah mengerjakan apa yang kita cintai dan mencintai apa yang kita kerjakan. Jika Anda tertarik untuk menekuni jurusan desain interior, maka Anda juga harus mengembangkan passion di bidang ini. Salah satu caranya adalah dengan mengintip apa saja yang akan Anda pelajari di dalamnya.

Langkah ini sangat penting untuk merangsang rasa ingin tahu kita terhadap hal-hal yang akan kita pelajari. Dengan modal inilah kita bisa mulai menumbuhkan passion agar lebih bersemangat dalam menempuh pendidikan di bidang desain interior. Kami berikan sedikit spoiler materi untuk Anda yang ingin mengambil jurusan ini.

 

3 Bidang Ilmu yang Wajib Dipelajari di Jurusan Desain Interior

  • Ilmu Seni

Jurusan desain interior memang sangat erat kaitannya dengan ilmu seni. Dasar-dasar seni mengajarkan kita berbagai hal penting seperti proporsi, irama, dan komposisi. Serta teknik-teknik dasar seperti menggambar bangun dan ruang. Dasar-dasar inilah yang akan sangat Anda butuhkan dalam desain interior.

Tugas utama seorang desainer interior adalah membuat suasana hunian yang nyaman dan estetik. Seorang desainer harus memiliki jiwa seni dan kepekaan estetika. Dua hal ini hanya bisa dibentuk dengan menekuni ilmu seni, khususnya yang berkaitan dengan bangun dan ruang.

 

  • Ilmu Desain

Ini merupakan pengembangan dari ilmu seni yang menjadi langkah kedua dalam jurusan desain interior. Di dalamnya, Anda akan mempelajari elemen dan prinsip ruang secara lebih spesifik. Tidak hanya dari segi estetika, unsur fungsional dari interior bangunan juga tidak boleh disepelekan.

Faktor manusia pun sangat dipertimbangkan dalam bidang ilmu ini. Anda akan mempelajari bagaimana suasana interior bangunan mempengaruhi suasana hati, emosi, dan kepribadian seseorang. Akan ada beberapa bagian dari ilmu psikologi yang juga Anda pelajari di bagian ini.

 

  • Ilmu Pendukung

Tidak hanya menggambar, seorang desainer interior juga harus bisa berkolaborasi dengan tim untuk menghasilkan bangunan yang ideal. Oleh karena itu, ilmu-ilmu pendukung juga akan diajarkan di jurusan desain interior yang meliputi berbagai teknologi bangunan, jenis-jenis material, sampai pada tahap perencanaan anggaran.

Interior bangunan juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan. Dalam hal ini, fisika bangunan dan dasar-dasar ilmu alam dan lingkungan juga akan diajarkan. Selain itu, faktor sosial juga menjadi pertimbangan penting. Anda akan mempelajari sebagian dari ilmu sosial, budaya, dan ekonomi yang masih berkaitan dengan desain interior.

 

Jangan Ragu untuk Memilih Jurusan Desain Interior

Jurusan ini bisa dibilang sebagai salah satu jurusan favorit, khususnya di kalangan anak muda yang kreatif dan dinamis. Anda bisa mencari banyak informasi menarik tentang bidang ini di conversion blog. Selain membahas tentang cara membuat content marketing, conversion juga memuat banyak topik tentang arsitektur, khususnya desain interior.

Peluang karir pun sangat cemerlang karena desainer interior semakin dibutuhkan dari waktu ke waktu. Ini sejalan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya suasana interior bangunan, Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memilih jurusan desain interior sebagai langkah pertama menuju kesuksesan.