Hindari Kesalahan ini saat Membuat Desain Web dengan Photoshop
Design

Hindari Kesalahan ini saat Membuat Desain Web dengan Photoshop

Sebelum Anda membuat desain secara keseluruhan, Anda harus memperhatikan desain website terlebih dahulu untuk membantu perancangan situs. Dalam membuat rancangan desainnya, Anda bisa menggunakan photoshop. Namun, hindari kesalahan berikut ya dalam membuat desain web dengan photoshop.

  • Ukuran Kecil

Saat Anda hendak membuat suatu desain, Anda harus melihat berapa ukuran kanvasnya. Di photoshop sendiri, ada beberapa ukuran pilihan yang bisa disesuaikan. Agar tidak pecah, Anda bisa menentukan ukuran yang besar atau bisa memilih ukuran untuk web atau minimal 1200 x 1300 px.

Kenapa harus ukuran besar? Karena jika Anda membuat desain dengan ukuran yang kecil akan membuat tampilannya menjadi kurang maksimal. Bahkan saat Anda hendak memperbesar gambar, tampilannya akan terlihat pecah.

  • Kesalahan dalam Tulisan

Siapa bilang dalam membuat desain web dengan photoshop hanya fokus pada bentuk dan warna yang digunakan saja? Padahal, komposisi dan penggunaan tulisan juga amat berpengaruh pada bagus tidaknya desain tersebut.

Untuk tulisan, sesuaikan dengan jenis website yang ingin Anda buat. Jika website tersebut adalah website resmi, maka hindari penggunaan tulisan seperti Comic Sans. Dengan begitu, kesan formalitas akan terjaga dengan baik dan tidak terlalu ‘memakan’ tempat.

Hindari Kesalahan ini saat Membuat Desain Web dengan Photoshop
Hindari Kesalahan ini saat Membuat Desain Web dengan Photoshop

Selain itu, pertimbangkan jumlah teksnya. Jangan terlalu banyak menggunakan teks pada website. kenapa? Karena visitor Anda akan merasa lelah saat membaca sesuatu yang terlalu panjang dan terlalu banyak.

Jangan lupa untuk mempertimabngkan jarak antara hurf yang satu dengan huruf yang lain. Khususnya ketika Anda hendak membuat suatu nama perusahaan di header website ataupun logo.

Jarak yang terlalu dekat akan membuat orang kesulitan untuk membaca. Sedangkan jarak yang terlalu renggang akan membuat tulisan tersebut terlalu memakan tempat. Alhasil, visitor Anda menjadi kurang nyaman dan tentunya website menjadi kurang menarik.

  • Terlalu Fokus pada Estetika

Memang, salah satu tujuan melakukan desain web adalah agar tampilan website tersebut menarik. Namun, terlalu fokus pada estetika juga tidak bagus, karena bisa menyamarkan aspek lain pada tampilan website tersebut.

Misalnya Anda ingin membuat tampilan website tersebut ceria karena digunakan untuk website anak-anak. Namun, karena ingin membuat kesan ceria, tanpa disadari Anda menggunakan warna yang terlalu banyak. Akibatnya, tampilan website menjadi terlalu ngejreng bahkan bisa terlihat norak.

Karena hal tersebut, akan lebih baik ketika Anda mengatur estetika website secukupnya saja. Bahkan Anda bisa menggunakan jasa web design yang profesional dan kompeten di bidangnya. Dengan begitu, hasil desain website akan terlihat lebih menarik.

Itulah 3 kesalahan yang perlu Anda hindari dalam membuat desain web dengan photoshop. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan komposisi dan estetika agar desain situs yang Anda buat semakin menarik ya.