strategi content marketing
Others

Cara Membuat Content Marketing Ini Bisa Bantu Anda Kembangkan Bisnis

Cara membuat content marketing perlu dipelajari oleh para pemilik bisnis. Era digital telah melahirkan model pemasaran baru. Oleh sebab itu, jika Anda ingin meningkatkan keuntungan maka harus merambah platform online untuk melakukan promosi.

 

Agar hasil maksimal, content yang digunakan untuk promosi harus direncanakan dengan baik. Perencanaan matang akan menghasilkan content dengan kualitas bagus, kualitas content bagus mampu menarik konsumen. Langkah-langkah tersebut saling terkait dalam menyukseskan bisnis Anda. Bagi Anda yang merasa bingung harus memulai dari mana, yuk ikuti pemaparan di bawah ini.

 

Langkah-langkah Membuat Content Marketing

Rumuskan tujuan content

Sebelum memulai semuanya, pastikan Anda mengetahui tujuan content marketing yang akan dibuat. Tujuan yang pasti dapat dipakai sebagai pijakan untuk menyusun strategi selanjutnya. Anda bisa terlebih dahulu merenungkan alasan mengapa Anda memilih content marketing sebagai cara untuk mengembangkan bisnis.

 

Apakah cara ini memang efektif? Apakah cara ini sesuai dengan produk Anda? Cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jika sudah terjawab, buat lah tujuan dengan menimbang beberapa hal.

 

Rumuskan tujuan secara spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tentukan batas waktu tujuan tersebut harus sudah tercapai. Melalui indikator-indikator tersebut akan terbentuk tujuan yang konkrit.

 

Identifikasi target audiens content

Langkah berikutnya dari cara membuat content marketing adalah mencari tahu buyer persona alias karakteristik audiens yang akan mengonsumsi content Anda. Pemahaman mengenai hal ini penting agar Anda dapat menyesuaikan jenis content yang akan diproduksi.

 

Audiens akan merasa content yang Anda hadirkan bermanfaat dan relevan sehingga perlu untuk diikuti. Lakukan analisis secara berkala karena mungkin saja target audiens Anda berubah.

 

Tentukan platform

Saat ini ada banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk publikasi content marketing, mulai dari platform blog sampai media sosial. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta pangsa pengguna yang berbeda. Perhatikan jenis content saat akan menentukan platform yang akan dipakai. Ini merupakan bentuk strategi content marketing.

 

Rancang ide content

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, cara membuat content marketing selanjutnya adalah merumuskan dan merancang ide content. Sebaiknya Anda membentuk tim untuk mengerjakan bagian ini. Gabungkan dan elaborasi pandangan dari berbagai pihak supaya ide content lebih kuat.

 

Pilih jenis content yang akan diproduksi

Ada beragam jenis content yang bisa digunakan untuk memasarkan produk seperti foto, video, unggahan blog, infografik, podcast, serta e-book. Berbagai analisis di atas membantu Anda menentukan jenis content yang sesuai untuk bisnis Anda. Semua perencanaan konseptual yang telah dilakukan diaplikasikan ke dalam jenis content yang akan diproduksi.

 

Publikasi dan kelola content

Konsistensi merupakan hal wajib dalam content marketing. Kemunculan content secara teratur dapat meningkatkan kredibilitas Anda di mata audiens. Buatlah jadwal penanyang content untuk memudahkan Anda. Jangan lupa berinovasi agar content yang hadir beragam.

 

 

 

Audit content

Cara membuat content marketing terakhir, lakukan audit dan evaluasi terhadap content yang telah diterbitkan. Amati trafik setiap content. Cari tahu faktor yang menyebabkan suatu content menghasilkan trafik rendah atau sebaliknya. Kemudian cari solusi dan perbaiki sesuai faktor penyebabnya.

 

Demikian  cara membuat content marketing. Langkah-langkah di atas mudah dipraktikkan untuk kesuksesan bisnis yang sedang Anda jalankan. Baik pemula maupun pemain lama, content marketing yang berkualitas bisa memberikan dampak positif. Selamat mencoba.