Others

Apa Itu Novel ?

Novel adalah sebuah karya sastra yang berbentuk prosa naratif yang panjang, didalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menunjukkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut. Novel adalah sebuah karangan berbentuk prosa yang didalamnya tersapat unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Tidak seperti cerpen, isi crita novel jauh lebih panjang dan kompleks, dan terdapat pesan tersembunyi yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Novel berasal dari Bahasa Itali yaitu novella yang artinya sebuah cerita. Orang yang membuat cerita di noel disebut novelis. Menurut para ahli berpendapat pengertian novel sebagai berikut :

  1. Menurut Drs. Rostamaji, M.Pd, novel adalah sebuah karya sastra yang memiliki dua unsur yaitu unsur intrinsic dan unsur ekstrinsik, yang keduanya saling berkaitan karena saling mempengaryhi dalam suatu karya sastra.
  2. Menurut Dr. Nurhadi, novel adalah wujud karya sastra yang didalamnya terdapat nilai sosial, budaya, moral, dan pendidikan.
  3. Menurut Paulus Tukam, S.Pd, Novel adalah sebuah karya sastra yang berbentuk prosa dan didalamnya terdapat unsur intrinsic.
  4. Menurut Drs. Jakob Sumardjo, novel adalah suatu bentuk karya sastra yang sangat popular dan paling banyak beredar dan dicetak karena daya komunitasnya yang sangat luas di masyarakat.

Ciri-Ciri Novel

Novel dapat dikenali karena memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda dengan karya sastra lainnya. Ciri-ciri novel sebagai berikut :

  1. Novel terdiri dari minimal 100 halaman dan jumlah katanya lebih dari 35.000 kata.
  2. Novel ditulis dengan bentuk narasi dan deskripsi untuk menggambarkan suasana kejadian di dalamnya.
  3. Alur cerita dalam novel cukup kompleks dan terdapat lebih dari satu impresi, efek, dan emosi.
  4. Umumnya setiap orang membutuhkan waktu minimal 120 menit untuk membaca habis sebuah novel.
  5. Cerita dalam novel sangat panjang dan terdaoat banyak kalimat yang diulang-ulang.

Struktur Novel

Pada novel terdapat elemen-elemen yang penting untuk membentuknya menjadi sebuah cerita yang utuh. Struktur novel adalah sebagai berikut :

  1. Abstrak, berisi ringkasan intri dari novel sebagai gambaran awal. Unsur ini bersifat opsional, bisa digunakan bisa juga tidak.
  2. Orientasi, berisi segala hal yag berkaitan dengan suasana, waktu, dan tempat yang terdapat di dalam novel.
  3. Komplikasi, berisi urutan berapa kejadian yang dihubungkan berdasarkan sbab-akibat.
  4. Evaluasi, berisi struktur konflik yang terdapat pada novel dimana konflik yang terjadi mengarah ke suatu titikt ertentu.
  5. Resolusi, berisi bagian dimana terdapat solusi terhadap masalah yang dihadapi tokoh utama novel.
  6. Koda, berisi bagian akhir pada novel yang dimana di dalamnya biasanya terdapat pesan atau nilai moril yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Unsur-Unsur Novel

Novel terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kedua unsur tersebut :

  1. Unsur Intrinsik. Ini terdiri dari unsur pembentuk novel yang berasal dari dalam novel itu sendiri. Beberapa yang termsuk di dalam unsur instrinsik novel diantaranya :
  • Tema, adalah gagasan utama yang ingin disampaikan dalam novel.
  • Alur, adalah jalan cerita yang ada di dalam novel berup rangkaian peristiwa.
  • Latar, adalah ga,bar tentang peristiwa yang terjadi di dalam novel yang berhubungan dengan waktu, tempat, dan suasana.
  • Tokoh, adalah para pelaku yang ada di dalam novel.
  • Penokohan, adalah pemberian watak atau sifat para tokoh di dalam novel, contohnya melalui ciri fisik, tempat tinggal, dan cara bertindak.
  • Gaya Bahasa, adalah cara pengarang dalam menyampaikan cerita di dalam novel. Contohnya menggunakan majas atau diksi tertentu.
  • Amanat, adalah pesan moral yang terdapat dalam novel.
  1. Unsur Ekstrinsik. Ini terdiri dari unsur pembentuk yang berasal dari luar. Beberapa yang termasuk di dalam unsur ekstrinsik novel diantaranya :
  • Latar Belakang Pengarang, adalah semua hal yang berkaitan dengan pemahaman dan motivasi pengarang novel dalam membuat karyanya. Contohnya, biografi, kondisi psikologis, dan aliran sastra.
  • Latar Belakang Masyarakat, adalah segala hal di masyarakat yang mempengaruhi alur cerita pada novel. Contohnya, kondisi sosial, politik, ekonomi, dan ideology.
  • Nilai yang Terdapat Pada Novel, adalah nilai yang terkandung pada sebuah novel (nilai budaya, moral, sosial, dan agama).

Jenis-Jenis Novel

Novel dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Berdasarkan Nyata atau Tidaknya Kejadian
  • Novel Fiksi, adalah novel yang berisi cerita yang tidak berdasarkan kehidupan nyata.
  • Novel Non-Fiksi, adalah novel yang berisi cerita pernah terjadi di kehidupan nyata.
  1. Berdasarkan Genre
  • Novel Romantis, adalah novel yang berisi cerita tentang kisah percintaan atau kasih sayang.
  • Novel Horor, adalah novel yang berisi cerita mengenai suatu hal atau peristiwa yang menakutkan.
  • Novel Komedi, adalah novel yang berisi cerita hal-hal yang lucu.
  • Novel Inspiratif, adalah novel yang berisi cerita tentang kisah yang inspiratif.
  1. Berdasarkan Isi dan Tokoh
  • Novel Teenlit, adalah novel yang menceritakan tentang kehidupan remaja.
  • Novel Songlit, adalah novel yang berisi inspirasi dari sebuah lagu.
  • Novel Chicklit, adalah novel yang berisi cerita tentang kisah wanita muda.
  • Novel Dewasa, adalah novel yang berisi tentang kehidupan orang dewasa.

Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian novel, ciri-ciri, unsur-unsur, struktur dan jenis novel. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kamu. Dan jika Anda membutuhkan jasa pengetikan untuk mempercepat tugas penulisan Anda bisa klik disini.